Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bandingkan Lambang Negara, Ahok Sebut Indonesia Tak Kalah dengan AS


Jakarta - Sama-sama merupakan negara dengan keberagaman penduduk, Indonesia dan Amerika Serikat (AS) secara ekonomi memang berbeda jauh. Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) meyakini bahwa Indonesia juga tak kalah dengan negeri Paman Sam tersebut.

Keyakinan Ahok tersebut dijelaskannya melalui sebuah filosofi terhadap lambang negara dari kedua negara. Jika Indonesia memiliki burung garuda yang gagah perkasa, Amerika memiliki seekor burung elang sebagai lambang negara, yang disebut The Great Seal of the United States.

"Ada perbedaan antara elang Amerika dengan burung Garuda Indonesia," ujar Ahok dalam pidatonya saat membuka pawai ogoh-ogoh di kawasan Monas, Senin (11/3/2013).

Kedua lambang negara sama-sama memiliki pita Bhinneka Tunggal Ika. Elang Amerika mengigit pita Bhinneka Tunggal Ika digigit di bagian paruhnya.

"Jadi kalau elang mau makan, pita tersebut harus dilepas dulu," ucapnya.

Sedangkan burung garuda Indonesia mencengkeram erat pita Bhinneka Tunggal Ika di bagian cakar kakinya sehingga tidak akan lepas.

"Dan itu bisa menggambarkan, jika kita bersatu dengan kebhinnekaan kita, maka sebenarnya bisa mengalahkan burung elang Amerika," cetus Ahok yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Lebih lanjut, Ahok berharap agar Jakarta bisa bertranformasi menjadi kota yang lebih baik, sehingga mampu menjadi contoh yang baik bagi kota-kota lainnya di Indonesia.

"Kita harapkan Jakarta bisa menjadi role model untuk transformasi untuk Jakarta baru. Dengan adanya Jakarta baru, kita harap bisa membuat Indonesia baru," tandasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter